Nurse its my job

Nurse its my job

Senin, 27 April 2015

ASKEP ISPA PADA ANAK

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesehatan adalah hak setiap orang. Masalah kesehatan sama pentingnya dengan masalah pendidikan, perekoomian, dan lain sebagainya. Usia balita dan anak-anak merupakan usia yang rentan penyakit. Hingga saat ini salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat adalah ISPA( Insfeksi Saluran Pernafasan Atas )
Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) di negara berkembang masih merupakan masalah kesehatan yang menonjol, terutama pada anak. Penyakit ini pada anak merupakan penyebab kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitas) yang tinggi. Angka kematian ISPA di negara maju berkisar antara 10 -15 %, sedangkan di negara berkembang lebih besar lagi.
Di Indonesia angka kematian ISPA diperkirakan mencapai 20 %. Hingga saat ini salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) .ISPA masih merupakan masalah kesehatan yang penting karena menyebabkan kematian bayi dan balita yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4kematian yang terjadi. Setiap anak  diperkirakan mengalami 3-6 episode ISPA setiap tahunnya. 40 % -60 % dari kunjungan di puskesmas adalah oleh penyakit ISPA (Anonim,2009)

B.     Tujuan Penulisan

1.      Tujuan umum  : untuk memahami teoritis dan asuhan keperawatan dari penyakit ISPA.
2.      Tujuan khusus :
·          untuk memahami teoritis dari ISPA pada anak( definisi, etiologi, anatomi & fisiologi, patofisiologi,woc, manifestasi klinis, komplikasi, penatalaksanaan)
·         Untuk memahami dan mengetahui asuhan keperawatan yang tepat(pengkajian, pemeriksaan fisik, diagnosa, intervensi,) untuk penderita ISPA pada anak
          

BAB II

TINJAUAN TEORITIS


1.      DEFENISI

ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut adalah infeksi yang terutama mengenai struktur saluran pernafasan di atas laring,tetapi kebanyakan,penyakit ini mengenai bagian saluran atas dan bawah secara simultan atau berurutan.(Nelson,edisi 15)
            Infeksi saluran pernafasan adalah suatu keadaan dimana saluran pernafasan (hidung, pharing dan laring) mengalami inflamasi yang menyebabkan terjadinya obstruksi jalan nafasdan akan menyebabkan retraksi dinding dada pada saat melakukan pernafasan (Pincus Catzel& Ian Roberts; 1990; 450).
Infeksi saluran nafas adalah penurunan kemampuan pertahanan alami jalan nafasdalam menghadapi organisme asing (Whaley and Wong; 1991; 1418)
ISPA adalah radang akut saluran pernafasan atas maupun bawah yang disebabkanoleh infeksi jasad renik bakteri, virus maupun riketsia, tanpa / disertai radang parenkim paru.(Mohamad, 35)
Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan seperti batuk pilek dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Infeksi pernapasan jarang  memilki ciri area anatomik tersendiri. Infesi sering menyebar dari satu struktur ke struktur lainya karena sifat menular dari membran mukosa yang melapisi seluruh saluran. Akibatnya,infeksi saluran pernapasan akan melibatkan beberapa area tidak hanya satu struktur, meskipun efek pada satu individu dapat mendominasi penyakit lain.

2.      ETIOLOGI

Kebanyakan, infeksi saluran pernafasan akut disebabkan oleh virus dan mikoplasma, kecuali epiglotitis akut. Organisme streotokokus dan difteria merupakan agen bakteri utama yang mampu menyebabkan penyakit faring primer, bahkan pada kasus tonsilofaringitis akut, sebagian besar penyakit berasal dari non bakteri. Walaupun ada bayak hal yang tumpang tindih, beberapa mikroorganisme lebih mungkin menimbulkan sindrom pernafasan tertentu daripada yang lain, dan agen tertantu mempunyai kecenderungan lebih besar dari pada yang lain untuk menimbulkan penyakit yang berat. Beberapa virus ( misalnya campak) dapat di hubungkan dengan banyak sekali variasi gejala saluran pernafasan atas dan bawah sebagai bagian dari gambaran klinis umum yang melibatkan sistem organ lainnya.
Etiologi ISPA lebih dari 300 jenis bakteri, virus, dan jamur. Bakteri penyebabnya antara lain dari genus streptokokus, stafilokokus, pnemokokus, hemofilus, bordetella, dan korinebacterium. Virus penyebabnya antara lain golongan mikovirus, adenovirus, koronavirus, pikornavirus, mikoplasma, herpesvirus. Bakteri dan virus yang paling sering menjadi penyebab ISPA diantaranya bakteri stafilokokus dan streptokokus serta virus influenza yang di udara bebas akan masuk dan menempel pada saluran pernafasan bagian atas yaitu tenggorokan dan hidung.Biasanya bakteri dan virus tersebut menyerang anak-anak usia dibawah 2 tahun yang kekebalan tubuhnya lemah atau belum sempurna. Peralihan musim kemarau ke musim hujan juga menimbulkan risiko serangan ISPA.
Beberapa faktor lain yang diperkirakan berkontribusi terhadap kejadian ISPA pada anak adalah rendahnya asupan antioksidan, status gizi kurang, dan buruknya sanitasi lingkungan.
ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya. Kelainan pada sistem pernapasan terutama infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah, asma dan ibro kistik, menempati bagian yang cukup besar pada lapangan pediatri. Infeksi saluran pernapasan bagian atas terutama yang disebabkan oleh virus, sering terjadi pada semua golongan masyarakat pada bulan-bulan musim dingin.

3.      ANATOMI & FISIOLOGI

Gambar Sistem Pernafasan


Saluran pernapasan dibagi atas dua bagian :
1.   Saluran Pernapasan Bagian Atas
Saluran pernapasan bagian atas terdiri atas hidung, faring, laring, dan epiglotis, yang berfungsi menyaring, menghangatkan, dan melembabkan udara yang dihirup.
a.       Hidung
Bagian ini terdiri atas nares anterior (saluran di dalam lubang hidung) yang memuat kelenjar sebaseus dengan ditutupi bulu kasar yang bermuara ke rongga hidung. Bagian hidung lain adalah rongga hidung yang dilapisi oleh selaput lendir yang mengandung pembuluh darah. Proses oksigenasi diawali dari sini. Pada saat udara masuk melalui hidung, udara akan disaring oleh bulu-bulu yang ada di dalam vestibulum (bagian rongga hidung), kemudian dihangatkan serta dilembabkan.
b.      Faring
Merupakan pipa yang memiliki otot, memanjang mulai dari dasar tengkorak sampai dengan esofagus yang terletak di belakang naso faring (di belakang hidung), di belakang mulut (orofaring), dan di belakang laring (laringo faring).
c.       Laring (Tenggorokan)
Laring merupakan saluran pernapasan setelah faring yang terdiri atas bagian tulang rawan yang diikat bersama ligamen dan membran, yang terdiri atas dua lamina yang bersambung di garis tengah.
d.      Epiglotis
Merupakan katup tulang rawan yang berfungsi membantu menutup laring ketika orang sedang menelan
e.    Saluran Pernapasan Bagian Bawah
Saluran pernapasan bagian bawah terdiri atas trakhea, tandan bronkhus, segmen bronkhus, dan bronkhiolus, yang berfungsi mengalirkan udara dan memproduksi surfaktan.
f.       Trakhea
Trakhea atau disebut sebagai batang tenggorok yang memiliki panjang kurang lebih 9 cm dimulai dari laring sampai kira-kira setinggi vertebra thorakalis kelima. Trakhea tersebut tersusun atas enam belas sampai dua puluh lingkaran tidak lengkap yang berupa cincin. Trakhea ini dilapisi oleh selaput lendir yang terdiri atas epitelium bersilia yang dapat mengeluarkan debu atau benda asing.
g.      Bronkhus
Bentuk percabangan atau kelanjutan dari trakhea yang terdiri atas dua percabangan yaitu kanan dan kiri. Pada bagian kanan lebih pendek dan lebar dari pada bagian kiri yang memiliki tiga lobus atas, tengah, dan bawah; sedangkan bronkhus kiri lebih panjang dari bagian kanan yang berjalan dalam lobus atas dan bawah. Kemudian saluran setelah bronkhus adalah bagian percabangan yang disebut sebagai bronkhiolus.
h.      Paru
Merupakan organ utama dalam sistem pernapasan. Letak paru itu sendiri di dalam rongga thoraks setinggi tulang selangka sampai dengan diafragma. Paru terdiri atas beberapa lobus yang diselaputi oleh pleura yaitu pleura parietalis dan pleura viseralis, kemudian juga dilindungi oleh cairan pleura yang berisi cairan surfaktan. Paru sebagai alat pernapasan utama terdiri atas dua bagian (paru kanan dan paru kiri) dan bagian tengah dari organ tersebut terdapat organ jantung beserta pembuluh darah yang berbentuk kerucut, dengan bagian puncak disebut apeks. Paru memiliki jaringan yang bersifat elastis, berpori, dan memiliki fungsi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.
FISIOLOGI



Dalam proses pemenuhan kebutuhan oksigenasi (pernapasan) di dalam tubuh terdapat tiga tahapan yakni ventilasi, difusi, dan transportasi.
1.      Ventilasi
Proses ini merupakan proses keluar dan masuknya oksigen dari atmosfer ke dalam alveoli atau dari alveoli ke atmosfer, dalam proses ventilasi ini terdapat beberapa hal yang mempengaruhi, di antaranya adalah perbedaan tekanan antara atmosfer dengan paru. Semakin tinggi tempat maka tekanan udara semakin rendah.
Demikian sebaliknya, semakin rendah tempat tekanan udara semakin tinggi. Hal lain yang mempengaruhi proses ventilasi kemampuan thoraks dan paru pada alveoli dalam melaksanakan ekspansi atau kembang kempisnya, adanya jalan napas yang dimulai dari hidung hingga alveoli yang terdiri atas berbagai otot polos yang kerjanya sangat dipengaruhi oleh sistem saraf otonom, terjadinya rangsangan simpatis dapat menyebabkan relaksasi sehingga dapat terjadi vasodilatasi, kemudian kerja saraf parasimpatis dapat menyebabkan konstriksi sehingga dapat menyebabkan vasokonstriksi atau proses penyempitan, dan adanya refleks batuk dan muntah juga dapat mempengaruhi adanya proses ventilasi, adanya peran mukus ciliaris yang sebagai penangkal benda asing yang mengandung interveron dapat mengikat virus.
Pengaruh proses ventilasi selanjutnya adalah komplians (complience) dan recoil yaitu kemampuan paru untuk berkembang yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya surfaktan yang terdapat pada lapisan alveoli yang berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan dan masih ada sisa udara sehingga tidak terjadi kolaps dan gangguan thoraks atau keadaan paru itu sendiri. Surfaktan diproduksi saat terjadi peregangan sel alveoli, surfaktan disekresi saat klien menarik napas, sedangkan recoil adalah kemampuan untuk mengeluarkan CO2 atau kontraksi atau menyempitnya paru. Apabila complience baik akan tetapi recoil terganggu maka CO2 tidak dapat keluar secara maksimal.
Pusat pernapasan yaitu medula oblongata dan pons pun dapat mempengaruhi proses ventilasi, karena CO2 memiliki kemampuan merangsang pusat pernapasan. Peningkatan CO2 dalam batas 60 mmHg dapat dengan baik merangsang pusat pernapasan dan bila pCO2 kurang dari sama dengan 80 mmHg maka dapat menyebabkan depresi pusat pernapasan.
2.      Difusi Gas
Merupakan pertukaran antara oksigen alveoli dengan kapiler paru dan CO2 kapiler dengan alveoli. Dalam proses pertukaran ini terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, di antaranya :
·         pertama, luasnya permukaan paru. 
·         Kedua,tebal membran respirasi/permeabilitas yang terdiri atas epitel alveoli dan interstisial keduanya. Ini dapat mempengaruhi proses difusi apabila terjadi proses penebalan.
·         Ketiga, perbedaan tekanan dan konsentrasi O2, hal ini dapat terjadi seperti O2 dari alveoli masuk ke dalam darah oleh karena tekanan O2 dalam rongga alveoli lebih tinggi dari tekanan O2 dalam darah vena pulmonalis (masuk dalam darah secara berdifusi) dan pCO2 dalam arteri pulmonalis juga akan berdifusi ke dalam alveoli
·         Keempat, afinitas gas yaitu kemampuan untuk menembus dan saling mengikat Hb
3.      Transportasi Gas
Merupakan transportasi antara O2 kapiler ke jaringan tubuh dan CO2 jaringan tubuh ke kapiler. Pada proses transportasi, O2 akan berikatan dengan Hb membentuk Oksihemoglobin (97%) dan larut dalam plasma (3%). Kemudian pada transportasi CO2 akan berikatan dengan Hb membentuk karbominohemoglobin (30%), dan larut dalam plasma (5%), kemudian sebagian menjadi HCO berada pada darah (65%).
Pada transportasi gas terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya curah jantung (cardiac output) yang dapat dinilai melalui isi sekuncup dan frekuensi denyut jantung. Isi sekuncup ditentukan oleh kemampuan otot jantung untuk berkontraksi dan volume cairan. Frekuensi denyut jantung dapat ditentukan oleh keadaan seperti over load atau beban yang dimiliki pada akhir diastol. Pre load atau jumlah cairan pada akhir diastol, natrium yang paling berperan dalam menentukan besarnya potensi aksi, kalsium berperan dalam kekuatan kontraksi dan relaksasi. Faktor lain dalam menentukan proses transportasi adalah kondisi pembuluh darah latihan/olahraga (exercise), hematokrit (perbandingan antara sel darah dengan darah secara keseluruhan atau HCT/PCV), eritrosit, dan Hb.(Hidayat A. Aziz Alimul, 2006)

4.      PATOFISIOLOGI

      Perjalanan alamiah penyakit ISPA dibagi 4 tahap yaitu :
ü  Tahap prepatogenesis : penyuebab telah ada tetapi belum menunjukkan reaksi apa-apa
ü  Tahap inkubasi : virus merusak lapisan epitel dan lapisan mukosa karena nya tubuh menjadi lemah apalagi bila keadaan gizi dan daya tahan sebelumnya rendah.
ü  Tahap dini penyakit : dimulai dari munculnya gejala penyakit,timbul gejala demam dan batuk.   
ü  Tahap lanjut penyaklit,dibagi menjadi empat yaitu dapat sembuh sempurna, sembuh dengan atelektasis,menjadi kronos dan meninggal akibat pneumonia.
Saluran pernafasan selama hidup selalu terpapar dengan dunia luar sehingga untuk mengatasinya dibutuhkan suatu sistem pertahanan yang efektif dan efisien. Ketahanan saluran pernafasan tehadap infeksi maupun partikel dan gas yang ada di udara amat tergantung pada tiga unsur alami yang selalu terdapat pada orang sehat yaitu keutuhan epitel mukosa dan gerak mukosilia, makrofag alveoli, dan antibodi. Infeksi bakteri mudah terjadi pada saluran nafas yang sel-sel epitel mukosanya telah rusak akibat infeksi yang terdahulu.
Selain hal itu, hal-hal yang dapat mengganggu keutuhan lapisan mukosa dan gerak silia adalah asap rokok dan gas SO2 (polutan utama dalam pencemaran udara), sindroma imotil, pengobatan dengan O2 konsentrasi tinggi (25 % atau lebih). 

5.      WOC

6.      MANIFESTASI KLINIS

Gambaran klinis secara umum yang sering didapat adalah rinitis, nyeri tenggorokan, batuk dengan dahak kuning/ putih kental, nyeri retrosternal dan konjungtivitis. Suhu badan meningkat antara 4-7 hari disertai malaise, mialgia, nyeri kepala, anoreksia, mual, muntah dan insomnia. Bila peningkatan suhu berlangsung lama biasanya menunjukkan adanya penyulit.
Pada sistem respiratorik adalah: tachypnea, napas tak teratur (apnea), retraksi dinding thorak, napas cuping hidung, cyanosis, suara napas lemah atau hilang, grunting expiratoir dan wheezing.  Pada sistem cardial adalah: tachycardia, bradycardiam, hypertensi, hypotensi dan cardiac arrest. Pada sistem cerebral adalah : gelisah, mudah terangsang, sakit kepala, bingung, papil bendung, kejang dan coma.
Pada hal umum adalah : letih dan berkeringat banyak. Tanda-tanda laboratoris hypoxemia,hypercapnia dan acydosis (metabolik dan atau respiratorik) Tanda-tanda bahaya pada anak golongan umur 2 bulan sampai 5 tahun adalah: tidak bisa minum, kejang, kesadaran menurun, stridor dan gizi buruk, sedangkan tanda bahaya pada anak golongan umur kurang dari 2 bulan adalah: kurang bisa minum (kemampuan minumnya menurun ampai kurang dari setengah volume yang biasa diminumnya), kejang, kesadaran menurun, stridor, Wheezing

7.      PENATALAKSANAAN

Pedoman penatalaksanaan kasus ISPA akan memberikan petunjuk standar pengobatan penyakit ISPA yang akan berdampak mengurangi penggunaan antibiotik untuk kasus-kasus batuk pilek biasa, serta mengurangi penggunaan obat batuk yang kurang bermanfaat. Strategi penatalaksanaan kasus mencakup pula petunjuk tentang pemberian makanan dan minuman sebagai bagian dari tindakan penunjang yang penting bagi pederita ISPA.
Pencegahan dapat dilakukan dengan :
v  Menjaga keadaan gizi agar tetap baik.
v  Immunisasi.
v  Menjaga kebersihan perorangan dan lingkungan.
v  Mencegah anak berhubungan dengan penderita ISPA
Prinsip perawatan ISPA antara lain :
v  Menigkatkan istirahat minimal 8 jam perhari
v  Meningkatkan makanan bergizi
v  Bila demam beri kompres dan banyak minum
v  Bila hidung tersumbat karena pilek bersihkan lubang hidung dengan sapu tangan yang bersih
v  Bila badan seseorang demam gunakan pakaian yang cukup tipis tidak terlalu ketat.
v  Bila terserang pada anak tetap berikan makanan dan ASI bila anak tersebut masih menetek
Pengobatan antara lain :
1.      Suportif : meningkatkan daya tahan tubuh berupa Nutrisi yang adekuat,pemberian multivitamin dll.
2.      Antibiotik :
·         Idealnya berdasarkan jenis kuman penyebab
·         Utama ditujukan pada S.pneumonia,H.Influensa dan S.Aureus
·         Menurut WHO : Pneumonia rawat jalan yaitu kotrimoksasol, Amoksisillin, Ampisillin, Penisillin Prokain,Pnemonia berat : Benzil penicillin, klorampenikol, kloksasilin, gentamisin
·         Antibiotik baru lain : Sefalosforin,quinolon dll.
Penatalaksanaan Medis
·         Istirahat yang cukup
·         Minum sedikitnya 2 – 3 liter air sehari, kecuali kalau pada kontra indikasi.
·         Medikasi : gunakan semprot hidung atau tetes hidung dua atau tiga kali sehari atau sesuai yang diharuskan untuk mengatasi gejala hidung tersumbat.
·         Diberikan antibiotik apabila penyebabnya adalah bakteri.  (Corwin Eli Zabeth.J, 2000)

8.      PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK

Pemeriksaan kultur dan biopsi adalah proses yang paling sering digunakan dalam menegakkan diagnosis pada gangguan pernapasan atas.

a)      Kultur
Kultur tenggorok dapat dilakukan untuk mengidentifikasi organisme yang menyebabkan faringitis.
b)      Biopsi
Prosedur biopsi mencakup tindakan mengeksisi sejumlah kecil jaringan tubuh, dilakukan untuk memungkinkan pemeriksaan sel-sel dari faring, laring, dan rongga hidung. Dalam tindakan ini mungkin saja pasien mendapat anastesi lokal, tropical atau umum tergantung pada tempat prosedur dilakukan.
c)      Pemeriksaan pencitraan,
termasuk di dalamnya pemeriksaan sinar-X jaringan lunak, CT Scan, pemeriksaan dengan zat kontras dan MRI (pencitraan resonansi magnetik). Pemeriksaan tersebut mungkin dilakukan sebagai bagian integral dari pemeriksaan diagnostik untuk menentukan keluasan infeksi pada sinusitis atau pertumbuhan tumor dalam kasus tumor

9.      KOMPLIKASI

SPA (saluran pernafasan akut ) sebenarnya merupakan self limited disease yang sembuh sendiri dalam 5 ± 6 hari jika tidak terjaidi infasi kuman lain, tetapi penyakit ispa yang tidak mendapatkan pengibatan dan perawatan yang baik dapat menimbulkan penyakit seperti : sinusitis paranosal, penutupan tuba eustachii, laryngitis, tracheitis, bronchitis, dan brhoncopneumonia dan berlanjut pada kematian karna adanya sepsis yang meluas.

BAB III

ASUHAN KEPERAWATAN TEORITIS PADA PENDERITA ISPA

1.      Pengkajian

A. Identitas Pasien

Meliputi : nama, umur, jenis kelamin, alamat, pendidikan, tanggal masuk RS, tanggal pengkajian, no. MR, diagnosa medis, nama orang tua, umur orang tua, pekerjaan, agama, alamat, dan lain-lain.

B.     Riwayat Kesehatan
·      Riwayat penyakit sekarang
biasanya klien mengalami demam mendadak, sakit kepala, badan lemah, nyeri otot dan sendi, nafsu makan menurun, batuk,pilek dan sakit tenggorokan.
·      Riwayat penyakit dahulu
biasanya klien sebelumnya sudah pernah mengalami penyakit ini
·      Riwayat penyakit keluarga
Menurut anggota keluarga ada juga yang pernah mengalami sakit seperti penyakit klien tersebut.
·      Riwayat sosial
Klien mengatakan bahwa klien tinggal di lingkungan yang berdebu dan padat penduduknya

C.       Pemeriksaan Fisik
1.   Keadaan Umum
        Bagaimana keadaan klien, apakah letih, lemah atau sakit berat.
2.   Tanda vital :
        Bagaimana suhu, nadi, pernafasan dan tekanan darah klien
3.   Kepala
  Bagaimana kebersihan kulit kepala, rambut serta bentuk kepala, apakah ada kelainan atau lesi pada kepala
4.   Wajah
     Bagaimana bentuk wajah, kulit wajah pucat/tidak.
5.   Mata
  Bagaimana bentuk mata, keadaan konjungtiva anemis/tidak, sclera ikterik/ tidak, keadaan pupil, palpebra dan apakah ada gangguan dalam penglihatan
6.   Hidung
  Bentuk hidung, keadaan bersih/tidak, ada/tidak sekret pada hidung serta cairan yang keluar, ada sinus/ tidak dan apakah ada gangguan dalam penciuman
7.   Mulut
  Bentuk mulut, membran membran mukosa kering/ lembab, lidah kotor/ tidak, apakah ada kemerahan/ tidak pada lidah, apakah ada gangguan dalam menelan, apakah ada kesulitan dalam berbicara.
8.   Leher
  Apakah terjadi pembengkakan kelenjar tyroid, apakah ditemukan distensi vena jugularis
9.   Thoraks
  Bagaimana bentuk dada, simetris/tidak, kaji pola pernafasan, apakah ada wheezing, apakah ada gangguan dalam pernafasan.

Pemeriksaan Fisik Difokuskan Pada Pengkajian Sistem Pernafasan
a.    Inspeksi
·         Membran mukosa- faring tamppak kemerahan
·         Tonsil tampak kemerahan dan edema
·         Tampak batuk tidak produktif
·         Tidak ada jaringan parut dan leher
·         Tidak tampak penggunaan otot-otot pernafasan tambahan, pernafasan cuping hidung
b.   Palpasi
·         Adanya demam
·         Teraba adanya pembesaran kelenjar limfe pada daerah leher/nyeri tekan pada nodus limfe servikalis
·         Tidak teraba adanya pembesaran kelenjar tyroid
c.    Perkusi
·      Suara paru normal (resonance)
d.   Auskultasi
·      Suara nafas vesikuler/tidak terdengar ronchi pada kedua sisi paru.
10.  Abdomen
Bagaimana bentuk abdomen, turgor kulit kering/ tidak, apakah terdapat nyeri tekan pada abdomen, apakah perut terasa kembung, lakukan pemeriksaan bising usus, apakah terjadi peningkatan bising usus/tidak.
11.  Genitalia
Bagaimana bentuk alat kelamin, distribusi rambut kelamin ,warna rambut kelamin. Pada laki-laki lihat keadaan penis, apakah ada kelainan/tidak. Pada wanita lihat keadaan labia minora, biasanya labia minora tertutup oleh labia mayora.
12.  Integumen
Kaji warna kulit, integritas kulit utuh/tidak, turgor kulit kering/ tidak, apakah ada nyeri tekan pada kulit, apakah kulit teraba panas.
13.  Ekstremitas atas
Adakah terjadi tremor atau tidak, kelemahan fisik, nyeri otot serta kelainan bentuk.

2.      Diagnosa Keperawatan

1.      Peningkatan suhu tubuh b/d proses inspeksi
2.      Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan b/d anoreksia
3.      Nyeri akut b/d inflamasi pada membran mukosa faring dan tonsil.
4.      Resiko tinggi tinggi penularan infeksi b/d tudak kuatnya pertahanan sekunder (adanya infeksi penekanan imun)

3.      Intervensi Keperawatan

No
Diagnosa
Tujuan
Intervensi
Rasional
1
Peningkatan suhu tubuh bd proses inspeksi
Suhu tubuh normal berkisar antara 36 – 37, 5 ‘ C
1.      Observasi tanda – tanda vital
2.      Anjurkan pada klien/keluarga umtuk melakukan kompres dingin ( air biasa) pada kepala / axial.
3.      Anjurkan klien untuk menggunakan pakaian yang tipis dan yang dapat menyerap keringat seperti terbuat dari katun.
4.      Atur sirkulasi udara.
5.      Anjurkan klien untuk minum banyak ± 2000 – 2500 ml/hr.
6.      Anjurkan klien istirahat ditempat tidur selama fase febris penyakit.
7.      Kolaborasi dengan dokter :
Dalam pemberian therapy, obat antimicrobial, antipiretika


1.      Pemantauan tanda vital yang teratur dapat menentukan perkembangan perawatan selanjutnya.
2.      Dengan menberikan kompres maka aakan terjadi proses konduksi / perpindahan panas dengan bahan perantara.
3.      Proses hilangnya panas akan terhalangi untuk pakaian yang tebal dan tidak akan menyerap keringat.
4.      Penyedian udara bersih.
5.      Kebutuhan cairan meningkat karena penguapan tubuh meningkat.
6.      Tirah baring untuk mengurangi metabolism dan panas.
7.      Untuk mengontrol infeksi pernapasan
Menurunkan panas
2
Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan b. d anoreksia

·         klien dapat mencapai BB yang direncanakan mengarah kepada BB normal.
·         klien dapat mentoleransi diet yang dianjurkan.
·         Tidak menunujukan tanda malnutrisi.
1.      Kaji kebiasaan diet, input-output dan timbang BB setiap hari
2.      Berikan makan porsi kecil tapi sering dan dalam keadaan hangat
3.      Beriakan oral sering, buang secret berikan wadah husus untuk sekali pakai dan tisu dan ciptakan lingkungan beersih dan menyenamgkan.
4.      Tingkatkan tirai baring.
5.      Kolaborasi
·         Konsul ahli gizi untuk memberikan diet sesuai kebutuhan klien

1.      Berguna untuk menentukan kebutuhan kalori menyusun tujuan berat badan, dan evaluasi keadekuatan rencana nutrisi.
2.      Untuk menjamin nutrisi adekuat/ meningkatkan kalori total
3.      Nafsu makan dapt dirangsang pada situasi rilek, bersih dan menyenangkan.
4.      Untuk mengurangi kebutuhahan metabolic
5.      Metode makan dan kebutuhan kalori didasarkan pada situasi atau kebutuhan individu untuk memberikan nutrisi maksimal.
3
Nyeri akut b.d inflamasi pada membran mukosa faring dan tonsil.
Nyeri berkurang / terkontrol
1.      Teliti keluhan nyeri ,catat intensitasnya (dengan skala 0 – 10), factor memperburuk atau meredakan lokasimya, lamanya, dan karakteristiknya.
2.      Anjurkan klien untuk menghindari allergen / iritan terhadap debu, bahan kimia, asap,rokok. Dan mengistirahatkan /meminimalkan berbicara bila suara serak.
3.      Anjurkan untuk melakukan kumur air garam hangat
4.      Kolaborasi
Berikan obat sesuai indikasi
·         Steroid oral, iv, & inhalasi
·         analgesik

1.      Identifikasi karakteristik nyeri & factor yang berhubungan merupakan suatu hal yang amat penting untuk memilih intervensi yang cocok & untuk mengevaluasi ke efektifan dari terapi yang diberikan.
2.      Mengurangi bertambah beratnya penyakit.
3.      Peningkatan sirkulasi pada daerah tenggorokan serta mengurangi nyeri tenggorokan.
4.      Kortikosteroid digunakan untuk mencegah reaksi alergi / menghambat pengeluaran histamine dalam inflamadi pernapasan. Analgesi untuk mengurangi rasa nyeri
4
Resiko tinggi tinggi penularan infeksi b.d tudak kuatnya pertahanan sekunder (adanya infeksi penekanan imun)
·         tidak terjadi penularan
·         tidak terjadi komplikasi

1.      Batasi pengunjung sesuai indikasi
2.      Jaga keseimbangan antara istirahat dan aktifitas
3.      Tutup mulut dan hidung jika hendak bersin, jika ditutup dengan tisu buang segera ketempat sampah
4.      Tingkatkan daya tahan tubuh, terutama anak usia dibawah 2 tahun, lansia dan penderita penyakit kronis. Dan konsumsi vitamin C, A dan mineral seng atau anti oksidan jika kondisi tubuh menurun / asupan makanan berkurang
5.      Kolaborasi
Pemberian obat sesuai hasil kultur

1.      Menurunkan potensial terpalan pada penyakit infeksius.
2.      Menurunkan konsumsi /kebutuhan keseimbangan O2 dan memperbaiki pertahanan klien terhadap infeksi, meningkatkan penyembuhan.
3.      Mencegah penyebaran pathogen melalui cairan
4.      Malnutrisi dapat mempengaruhi kesehatan umum dan menurunkan tahanan terhadap infeksi
5.      Dapat diberikan untuk organiasme khusus yang teridentifikasi dengan kultur dan sensitifitas / atau di berikan secara profilatik karena resiko tinggi

BAB III
PENUTUP


1.      Kesimpulan

Seperti yang diuraikan diatas bahwa ISPA mempunyai variasi klinis yang bermacam-macam, maka timbul persoalan pada pengenalan (diagnostik) dan pengelolaannya. Sampai saat ini belum ada obat yang khusus antivirus. Idealnya pengobatan bagi ISPA bakterial adalah pengobatan secara rasional. Pengobatan yang rasional adalah apabila pasien mendapatkan antimikroba yang tepat sesuai dengan kuma penyebab. Untuk dapat melakukan hal ini , kuman penyebab ISPA dapatdideteksi terlebih dahulu dengan mengambil material pemeriksaan yang tepat, kemudian dilakukan pemeriksaan mikrobiologik , baru setelah itu diberikan antimikroba yang sesuai.

2.      Saran

Semoga makalah sederhana ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembaca.
makalah ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembaca terutama perawat dalam membuat asuhan keperawatan.


DAFTAR PUSTAKA


DepKes RI. Direktorat Jenderal PPM & PLP. Pedoman Pemberantasan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Jakarta. 1992.
Lokakarya Dan Rakernas Pemberantasan Penyakit Infeksi saluran pernapasan akut. 1992
Doenges, Marlyn E . Rencana Asuhan Keperawatan: pedoman untuk perencanaan dan pendokumentasian perawatan pasien
Alih bahasa I Made Kariasa. Ed 3. Jakarta: EGC.1999
Nelson.vol 2. Asuhan keperawatan pada anak



42 komentar:

  1. I will agree with you on the fact that health is everyone's right, and when people fall ill, the only solution is to seek medical help in order to restore their normal health status. This is such a nice and interesting post, keep us posted.
    Personal Statement Writers

    BalasHapus
  2. After I visited this page, and I read, it turns out the information presented in this article is very useful. Good and keep going

    Obat Kencing Batu Di Apotik
    Obat Asam Lambung Tinggi Di Apotik
    Nama Obat Hepatitis Di Apotik
    Obat Radang Usus Di Apotik
    Obat Kudis Yang Ada Di Apotik

    BalasHapus
  3. Tahukah anda bahwa hewan laut bernama teripang emas ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah mampu dijadikan Obat Infeksi Pencernaan, Obat Bopeng, Obat Keloid, Obat Infeksi Paru paru, Obat Kusta Alami hal tersebut bukan tanpa bukti melainkan telah banyak orang yang meraskan khasiat dan manfaat luar biasanya.

    BalasHapus
  4. Information is very useful and can add insight, happy to be on your page, thanks to the information you shared. This is very useful. Good luck always!!
    Obat Vertigo Herbal Terbaik
    Cara Alami Mengatasi Penyakit Vertigo
    Obat Herbal QnC Jelly Gamat Asli Tasikmalaya

    BalasHapus
  5. Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
    Good luck !!

    situs herbal
    obat penyakit hipertiroid
    obat kanker hati mujarab

    BalasHapus
  6. http://fariainaliafauziah.blogspot.co.id/2015/04/bab-i-pendahuluan-a_27.html

    BalasHapus
  7. Erkam Kitap firması online kitap mağazasıdır, Okul öncesi ve diğer hazırlık kitaplarının toptan fiyatına satışını yapan sektörde öncü bir firmadır.
    Okul Öncesi Kitapları

    BalasHapus
  8. Tetap bekerja keras untuk hasil yang lebih baik dan yakinlah bahwa apa yang kita kerjakan saat ini dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil suatu saat nanti.
    Cara Mengobati Kolesterol
    Cara Mengobati Jantung Koroner

    BalasHapus
  9. Thanks really very useful information, hopefully the next post better okay

    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  10. Incredible site, always providing information and articles that are easy to understand and very useful.

    Obat Leukoplakia Alami
    Obat Benjolan Di Payudara Tradisional
    Obat Vitiligo Herbal
    Obat Fistula Ani Herbal

    BalasHapus
  11. overcome stomach acid and heart problems using herbal ingredients
    Obat Asam Lambung Naik Jantung Berdebar

    BalasHapus
  12. hopefully what you want can be achieved easily and well
    Mudah Berdarah dan Memar

    BalasHapus
  13. Your article is very satisfying and very good, I'm proud of you.
    Obat Herbal Tumor Hati

    BalasHapus
  14. Bait is the key to the successful entanglement of fish in our hook.

    Umpan Ikan Lele Musim Hujan

    BalasHapus