Nurse its my job

Nurse its my job

Kamis, 23 April 2015

OBAT HERBAL HIPERTENSI

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Hipertensi adalah suatu gejala penyakit yang banyak didapati pada masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang mempunyai faktor risiko seperti kegemukan, usia lanjut, faktor keturunan, mengonsumsi makanan yang tinggi kadar garamnya, temperamen tinggi, dan lain-lain. Di Indonesia, jumlah penderita hipertensi diperkirakan 15 juta orang tetapi hanya 4% yang merupakan hipertensi terkontrol. Prevalensinya 6-15% pada orang dewasa, 50% diantaranya tidak menyadari sebagai penderita hipertensi sehingga mereka cenderung untuk menjadi hipertensi berat karena tidak menghindari dan tidak mengetaui faktor risikonya, serta 90% merupakan hipertensi esensial (Wordpress, 2008). Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang fatal yaitu: stroke, serangan jantung, edema paru, gagal ginjal, kebutaan karena pecahnya pembuluh darah mata, dan lain-lain (Persadaindo, 2006).
Pengobatan Hipertensi selama ini dilakukan menggunakan obat modern ,yang sering menimbulkan efek samping seperti: Bronkospasme, insomnia, memperburuk gangguan pembuluh darah perifer, hipertrigliserida, dan lain-lain (Arini dkk, 2005). Sebagai alternatif, masyarakat sering menggunakan tanaman tradisional terutama masyarakat pedesaan, bahkan pada sebagian masyarakat di kota juga telah mulai menggunakannnya.
Indonesia merupakan negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat beraneka ragam. Salah satunya adalah obat-obat tradisional tanaman herbal yang sudah dikenal dan digunakan dari jaman dahulu kala oleh nenek moyang kita. Daya tarik abadi dari herbal adalah kealamiahannya, keasliannya yang memberikan reputasi keamanan dan lebih dapat ditolerir dibanding dengan obat-obat yang diresepkan. Sebagai tambahannya, herbal tersedia tanpa peresepan, bahkan didapatkan dengan harga yang lebih murah. Masyarakat di dunia menggunakan obat tradisional yang ada di Indonesia yang dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan hipertensi adalah adalah mentimun (Cucumis sativus Linn), bawang
putih, seledri, murbei, rosella, dan lain-lain (Wikipedia, 2010).

B.     Rumusan Masalah

1.        Menjelaskan bagaimana pengertian hipertensi
2.        Menjelaskan bagaimana gejala hipertensi
3.        Menjelaskan bagaimana penyebab hipertensi
4.        Menjelaskan obat herbal untuk penderita hipertensi

C.    Tujuan Makalah

Ø  Agar mahasiswa mampu memahami dan mengetahui tentang obat herbal/obat tradisional bagi penderita Hipertensi




BAB II
TINJAUAN TEORI

A.    PENGERTIAN
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri Anda. Semakin banyak darah dipompa jantung Anda dan arteri Anda menyempit, tekanan darah akan meningkat.
Anda bisa mendapat tekanan darah tinggi (hipertensi) selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala. Tekanan darah yang tidak dikontrol meningkatkan risiko mendapat masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.
Tekanan darah tinggi biasanya akan berkembang selama beberapa tahun, dan pada akhirnya memengaruhi kesehatan. Beruntung, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah terdeteksi. Dan sekali anda mengetahui anda mempunyai tekanan darah tinggi,anda dapat mengusahakan dengan dokter anda untuk mengendalikannya.

B.     GEJALA HIPERTENSI (TEKANAN  DARAH  TINGGI)
Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda atau mengalami gejala, meskipun tekanan darah mencapai level tinggi yang membahayakan kesehatan.
Meskipun beberapa orang dengan hipertensi tahap awal mungkin mengalami “dull headaches”, pusing atau beberapa lagi mimisan, tanda dan gejala ini biasanya tidak muncul sampai hipertensi mencapai tahap yang berat bahkan tingkat yang mengancam nyawa.
      Secara umum orang dengan hipertensi terlihat sehat dan sebagian besar tidak menimbulkan gejala. Tapi ada pula gejala awal yang mungkin timbul dari hipertensi yaitu:
·         Sakit kepala
·         Perdarahan dari hidung
·         Pusing
·         Wajah kemerahan
·         Kelelahan

C.    PENYEBAB HIPERTENSI
Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, antara lain :
1.      Faktor genetik atau keturunan
Faktor keturunan memang selalu memainkan peranan penting dari timbulnya suatu penyakit yang dibawa oleh gen keluarga. Bila salah satu anggota keluarga atau orang tua memiliki tekanan darah tinggi, maka anak pun memiliki resiko yang sama dan bahkan resiko tersebut lebih besar dibanding yang diturunkan oleh gen orang tua.
2. Usia
Usia juga mempengaruhi tekanan darah seseorang, semakin bertambahnya usia maka tekanan darah pun akan semakin meningkat. Namun usia yang semakin tua pun tekanan darah dapat dikendalikan dengan tetap menjaga pola asupan makan, rajin berolahraga dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darah.
3. Garam
Garam mempunyai peluang yang sangat besar dalam meningkatan tekanan darah secara cepat. Ditambah pada mereka yang sebelumnya memiliki riwayat terhadap penyakit diabetes, hipertensi ringan dan mereka yang berusia diataas 45 tahun.
4. Kolesterol
Kolesterol yang identik dengan lemak berlebih yang tertimbun pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang dipenuhi dengan kolesterol ini akan mengalami penyempitan dan mengakibatkan tekanan darah pun meningkat.
5. Obesitas/kegemukan
Seseorang yang memiliki berat tubuh berlebih atau kegemukan merupakan peluang besar terserang penyakit hipertensi.
6. Stress
Stress dapat memicu suatu homron dalam tubuh yang mengendalikan pikirang seserang. Jika mengalami stress hal tersebut dapat mengakibatkan tekanan darah semakin tinggi dan meningkat, tak hanya itu mampu mempengaruhi mood atau perasaan seseorang terhadap suatu emosi jiwa.
7. Rokok
Kandungan nikotin dan zat senyawa kimia yang cukup berbahaya yang terdapat pada rokok juga memberikan peluang besar seseorang menderita hipertensi terutama pada mereka yang termasuk dalam perokok aktif. Tak hanya mengkibatkan hipertensi, zat rokok yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan resiko pada penyakit diabetes mellitus, serangan jantung dan stroke.
8. Kafein
Kafein banyak terdapat pada kopi,teh dan minuman bersoda. Kopi dan teh jika dikonsumsi melebihi batasan normal dalam penyajian akan mengakibatkan hipertensi. sebenarnya kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama bagi pria dewasa dalam hormon seksualnya, begitu pula dengan teh mengandung antioksidan yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Untuk itu batasi asupan minum kopi dan teh minimal 1 cangkir = 100ml.
9. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol seperti bir, wiski, minuman yang dibuat dari ragi, tuak dsb. Minuman alkohol ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
10. Kurang olahraga
Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga membuat organ tubuh dan pasokan darah maupun oksigen menjadi tersendat sehingga meningkatkan tekanan darah. Dengan melakukan olahraga teratur sesuai dengan kemampuan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

D.    OBAT HERBAL DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
1.DAUN SALAM (syzigium polyanthum)
Ø Khasiat : Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah tinggi.


Ø Bahan : Daun Salam yang segar,langsung dari pohon.
Ø Cara Membuat :
1.Ambil Daun salam segar sebanyak kurang lebih 10 lembar.
2.Daun salam dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Ø Cara Penggunaan :
1.Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus pada malam hari.
2.Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
2. BAWANG PUTIH
Ø Khasiat: Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, menghancurkan penggumpalan darah.


Ø Bahan : Bawang putih segar
Ø Cara Membuat :
Ambillah 3 siung bawang putih yang masih segar, kemudian kupas dan cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus lantas diperas dengan ditambah air secukupnya
Ø Cara Penggunaan :
Airnya diminum cukup dikerjakan 3 kali sehari
3. MENGKUDU (morinda citrifolia l.)
Ø Khasiat : Menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah


Ø Bahan :
Buah mengkudu (Morinda citrifolia) masak langsung dari pohon
Ø Cara Membuat :
1.      Cuci sampai bersih buah mengkudu, lalu parut, peras, saring untuk diambil airnya.
2.      Tambahkan madu satu sendok makan, aduk hingga merata, lalu saring
Ø Cara Penggunaan :
Minum ramuan mengkudu sehari dua sampai tiga kali.
4.BELIMBING
Ø Khasiat : Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi.


Ø Bahan :
1.      Belimbing segar dan matang
2.      Air secukupnya
Ø Cara Membuat :
1.      Pilihlah buah belimbing yang segar dan yang sudah matang dan tambahkan sedikit air lalu diblender. Kemudian ampasnya dibuang dan airnya diminum.
Ø Cara Penggunaan :
Makan buah belimbing setiap hari sesudah makan. Dan minum jus belimbing setiap hari
5.        BUNGA ROSELLA
Ø Khasiat : Mengobati penyakit asam urat, kolesterol tinggi, hipertensi, batu ginjal dll.


Ø Bahan :
1. 3 kelopak bunga rosella kering
2. Air panas
Ø Cara Membuat :
Cuci sampai bersih bunga rosella, lalu seduh dengan air panas, jangan ditambahkan gula.
Ø Cara Penggunaan :
Minum sehari dua kali secara rutin selma satu bulan.
6.     SELEDRI (Apium graveolens) 
Ø Khasiat : Menurunkan tekanan darah,menjaga berat badan,dan untuk mengobati mata kering.

Ø Bahan :
1. Daun seledri (Apium graveolens) secukupnya
2. Air bersih secukupnya
Ø Cara Membuat :
Ambil daun seledri, lalu cuci sampai bersih, tambahkan air bersih secukupnya. Setelah itu remas-remaslah dengan tangan, kemudian diperas dan saring untuk diambil airnya
.
Ø Cara Penggunaan :
Minum secara rutin sehari tiga kali sebanyak dua sendok makan. 
7. CIPLUKAN
Ø Khasiatnya : Membantu menurunkan tekanan darah tinggi,dan membantu mengatasi masalah paru-paru



Ø Bahan :
1. Herbal ciplukan kering 5 g
2. Air bersih 110 ml
Ø Cara Membuat :
Cuci herbal ciplukan, lalu rebus dengan 110 ml air bersih selama seperempat jam sambil sesekali diaduk, angkat lalu saring dan dinginkan.
Ø Cara Penggunaan :
Minum sehari dua kali, setiap minum sebanyak 100 ml. Jangan gunakan ramuan ini lebih dari 24 jam,karena akan dapat membuat senyawa menjadi rusak.
8. DAUN SIRSAK
Ø Khasiat : Menurunkan tekanan darah tinggi, obat asma dan sesak napas,dan mengobati bisul


Ø Bahan :
1. Daun sirsak sebanyak 4 lembar
2. Air bersih 1 gelas
Ø Cara Membuat :
Ambil daun sirsak, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan satu gelas air bersih, biarkan sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
Ø Cara Penggunaan :
Minum sehari satu kali.
9. DAUN ALPUKAT (Persea americana)
Ø Khasiat : Mengobati darah tinggi dan sakit kepala


Ø Bahan :
1. Daun Alpukat(Persea americana) 4 lembar
2. Gula batu 8 gr
3. Air bersih 1 gelas
Ø Cara Membuat :
Ambil daun alpukat, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan satu gelas air bersih, lalu tambahkan gula batu, biarkan sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
Ø Cara Penggunaan :
Minum sehari satu kali. 
10. BUAH MENTIMUN
Ø Khasiat : Bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.


Ø Bahan :
Buah timun (Cucumis sativuz) 4 buah
Ø Cara Membuat :
Ambil buah timun, lalu cuci sampai bersih. Setelah bersih kemudian dikukus dan dinginkan.
Ø Cara Penggunaan :
Makan kukusan buah timun setiap hari


BAB III
PENUTUP


A.      KESIMPULAN
Pengobatan Hipertensi selama ini dilakukan menggunakan obat modern ,yang sering menimbulkan efek samping. Namun dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan pembaca bahwa pengobatan hipertensi tidak hanya dapat diobati dengan farmakologi tetapi juga dapat diobati dengan obat herbal/obat tradisional yang ada di lingkungan kita. Sebagai alternatif, masyarakat sering menggunakan tanaman tradisional terutama masyarakat pedesaan, bahkan pada sebagian masyarakat di kota juga telah mulai menggunakannnya. Keuntungan yang didapat dari  penggunaan obat herbal/obat tradisional ini ialah obat/ramuannya dapat kita racik sendiri,dan terjamin keaslian dan kealamiahan obat tersebut. Dan juga kebersihannya juga terjamin dengan baik.

B.       SARAN
Diharapkan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menjadi referensi bagi para mahasiswa keperawatan maupun pembacanya dalam pembuatan makalah obat herbal pada penderita hipertensi ini. Kami sebagai penyusun menyadari adanya kekurangan yang terdapat dalam makalah ini, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembacanya bagi kami sebagai penyusun makalah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar